Pemenang Lomba Artikel Islami - PKM 2014

MENUJU EL RAHMA MADANI

(Yanal Masyfuq)

Umat islam merupakan penduduk mayoritas di kampus El Rahma kami, bahkan hampir 100 % mahasiswanya beragamakan islam. Sebagai penduduk mayoritas seharusnya dalam menjalani tatanan kehidupan kampus, harus sesuai dengan cita-cita agamanya, yaitu suatu kehidupan islami. Yang harus mewujudkan cita-cita itu bukan hanya suatu organisasi islam di kampus atau lembaga dakwahnya, tapi seluruh umat muslim yang berada dikampus itu.

Kampus madani adalah sebuah lingkungan yang penuh dengan nilai-nilai islam di dalamnya, bukan hanya umat muslim sekedar bisa beribadah dengan baik, tapi lebih mendalam dari itu, yaitu ketika islam bisa diterima semua orang, bahkan yang berbeda agama. Mereka menikmati dan hidup bersama dalam kepemimpinan islam bahkan sudah menjadi sistem social dari kehidupan kampus.

Menciptakan kampus madani bukan suatu hal yang musltahil dan omong kosong, semua tergantung dengan niat dan kerja keras kita untuk mewujudkannya. Dibutuhkan beberapa komitmen, komitmen pertama yaitu kita harus mengembangkan kesalehan dalam diri kita, baik kesalehan yang bersifat individual yang tercermin dalam terma hablum minallah dengan menunaikan hak-hak Allah, mentauhidkan dan tidak menyekutukannya dengan yang lain serta menjalankan syariat Allah, dan kesalehan social yang tercermin dalam terma hablum minannas dengan berbuat baik kepada sesama manusia, baik orang tua, kerabat anak-anak yatim dan yang lainnya. kesalehan individual tersebut tertera di dalam Al-Qur’an surat An-nisa ayat 36

“ Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh,dan teman sejawat, Ibnu sabil, dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”.

Komitemen yang kedua yaitu integritas, konsep yang menunjukan konsistensi antara nilai dengan prinsip, dengan adanya integritas di seluruh civitas akademika akan menjadikan nilai-nilai islami sebagai basis dalam pengambilan keputusan dan perilaku sehari-hari. Integritas ini yang menjaga seseorang supaya tidak keluar dari jalurnya dalam mewujudkan kampus madani. seseorang yang memiliki integritas tidak akan menyalahgunkan wewenang, tetap terjaga dari hal-hal yang mendistrakasi atau mengganggu dirinya dari tujuan mulia.

Singkatnya adalah orang memliki integritas lebih menyukai proses yang benar untuk menghasilkan sesuatu yang benar, proses dan hasil harus berjalan dengan baik dan benar.

Komitmen Ketiga adalah berpengetahuan, menciptakan kampus madani haruslah mempunyai dasar pengetahuan yang luas, bukan hanya memperdalam  pengetahuan umum tapi juga memperdalam pengetahuan agama.  Ramainya kajian-kajian keislaman yang terdapat di dalam kampus merupakan sarana memperdalam pengetahuan agama.

Ketiga komitmen tersebut, semoga bisa bermanfaat dan diharapkan bisa menjadi komitmen mewujudkan kampus El Rahma Madani.

2014-11-27
developed by Puskom Elrahma