Pasca Peluncuran BRIsat, BRI Fokus Kembangkan Digital Banking

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bisa melakukan sejumlah efisiensi pasca peluncuran satelit BRIsat bulan lalu. Efisiensi itu dilakukan dengan mengembangkan digital banking.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam menjelaskan, dengan pengembangandigital banking maka efisiensi bisa dilakukan di bidang pelayanan, eksternal maupun internal.

"Jadi bisnis proses kita berangsur-angsur akan paperless. Karena tentunya pertanyaan orang setelah ada satelit BRI apa yang dilakukan. Kita prioritaskan adalah digital banking," ujar Asmawi saat menghadiri acara open houseLebaran di rumah Menteri BUMN, Jalan Taman Patra V, Kuningan, Jakarta, Rabu (6/7/2016).

"Karena ini kan satelitnya sudah sampai ke orbit. Setelah masuk ke orbit kan satu dua bulan ini kita pindah-pindahin semua. Jadi handling over. Misalnya kita akan melakukan digitalisasi pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia," lanjut Asmawi.

Selain digitalisasi pasar tradisional, BRI juga melakukan digitalisasi layanan untuk membuka tabungan. Syaratnya, calon nasabah cukup membawa e-KTP.

"Sekarang kita punya hybrid mesin, untuk nabung orang nggak perlu antre datang ke bank, cukup waktunya 4 menit orang sudah bisa nabung. Contohnya yang di Pacific Place. Yang penting harus punya e-KTP. Hari Lebaran seperti ini orang juga bisa nabung dengan ke hybrid mesin, 4 menit buka rekening jadi," terang Asmawi.(hns/bag)

01-08-2016
developed by Puskom Elrahma