Menjajal Kehebatan iOS 10

Pembaruan iOS 10 resmi diperkenalkan di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2016. Apple berencana merilis pada September mendatang, namun versi betanya telah bisa dicicipi.

detikINET pun coba menginstal iOS 10 Beta 1 di perangkat iPhone untuk menjajal sejumlah fitur baru yang dimiliki sisem operasi mobile ini. Berikut kesan awal menggunakannya

Pembaruan yang dibawa iOS 10 langsung dapat dinikmati pada lock screen. Kini Apple membagi lock screen menjadi tiga bagian.
Layar utama, menampilkan notifikasi. Ketika swipe ke kiri, maka akan muncul aplikasi kamera. Sementara swipe ke kanan bakal tampil widget.

Di layar utama, tampilan notifikasi dipoles. Kita masih bisa membalas pesan dari sini.

Perubahan lainnya adalah bagaimana kita membuka lock screen. Bukan lagi swipe to unlock. Kini untuk membuka, kita harus menekan tombol home.

Bila perangkat dipasang password, akan muncul layar untuk memasukan passcode. Jika perangkat memiliki Touch ID, akan langsung masuk ke home screen.

Begitu masuk home screen tidak perubahan yang mencolok. Hanya ikon News yang berubah serta adanya aplikasi Home. Bila men-swipe bagian bawah layar ke atas, akan muncul Control Center yang memiliki tampilan baru.

Terasa lebih simpel dan menarik. Nah bila men-swipe ke kanan, akan muncul Control Center yang dikhususkan untuk mengatur musik.

Perubahan juga terlihat ketika membuka folder aplikasi. Kini latar belakangnya halaman home yang diblurkan.
Tampilan Contact pun dipoles, kini tersedia sejumlah tombol di bawah nama untuk langsung menelpon, video call, berkirim SMS atau email.

Aplikasi yang turut dirombak adalah Reminder, News dan Clocks. Di aplikasi Clocks, Apple menambahkan fitur baru, yakni Bedtime untuk membuat alarm bangun tidur.



Salah satu yang tidak bisa dilewatkan adalah aplikasi Apple Music. Dibanding sebelumnya, tampilan Apple Music jauh lebih menarik. Kita lebih mudah mengakses koleksi.

Photos
Aplikasi Photos menjadi salah satu yang dipermak tampilannya. detikINET pun menjajal pembaruan tersebut.

Ada tiga menu utama, yakni Photos, Memories dan Albums. Tampilan Photos tidak ada perbedaan. Sementara Albums kini dibuat thumbnail, sehingga mudah diakses. Ketika membuka satu foto, lalu men-swipe ke atas, akan ada thumbnail foto yang terkait.


Paling memikat adalah Memories yang mengelompokan foto berdasarkan tempat dan waktu. Menjadikannya album digital yang menarik.

05-08-2016
developed by Puskom Elrahma