TENTANG SPMI STMIK EL RAHMA

STMIK El Rahma memiliki 3 Program Studi, 3 lembaga, 1 UPT dan 3 Bagian. Sejak tahun 2013, STMIK El Rahma menetapkan bahwa seluruh unit kerja akademik maupun non akademik pada setiap aras harus melaksanakan SPMI dalam setiap aktivitasnya.

Agar pelaksanaan SPMI STMIK El Rahma pada semua unit dan aras tersebut dapat berjalan lancar dan terkoordinasi secara efektif, maka STMIK El Rahma membentuk sebuah unit kerja baru yang secara khusus bertugas untuk menyiapkan, merencanakan, merancang, menetapkan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan mengembangkan SPMI STMIK El Rahma yang bernama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Berikut ini adalah uraian tentang struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi dari Lembaga Penjaminan Mutu STMIK El Rahma.

Gambar 2. Struktur Organisasi Lembaga SPMI

Tugas pokok dan fungsi dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STMIK EL RAHMA sebagai berikut :

  1. Merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan SPMI.
  2. Menyusun perangkat pelaksanaan SPMI.
  3. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan SPMI.
  4. Melaksanakan dan mengembangkan audit internal.
  5. Melaporkan pelaksanaan SPMI kepada pimpinan PT.
  6. Menyiapkan SDM penjaminan mutu (auditor).

Selain itu LPM juga melaksanakan fungsi pelayanan sebagai berikut :

  1. Konsultasi, pendampingan, dan kerja sama di bidang penjaminan mutu.
  2. Pengembangan sistem informasi penjaminan mutu.

RINCIAN KEBIJAKAN SPMI STMIK EL RAHMA

Seluruh sivitas akademika STMIK El Rahma berkeyakinan bahwa SPMI STMIK El Rahma bertujuan untuk :

  1. Mencapai visi dan melaksanakan misi yang telah ditetapkan serta memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan STMIK El Rahma
  2. Menjamin bahwa setiap layanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa dilakukan sesuai dengan Standar SPMI STMIK El Rahma yang telah ditetapkan, sehingga apabila diketahui terjadi penyimpangan Standar SPMI STMIK El Rahma, akan segera ditindaklanjuti;
  3. Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas publik, khususnya kepada orang tua/wali mahasiswa, tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan Standar SPMI STMIK El Rahma yang telah ditetapkan;
  4. Mengajak semua pihak dalam lingkungan STMIK El Rahma untuk bekerja mencapai tujuan berdasarkan Standar SPMI STMIK El Rahma dan secara berkelanjutan berupaya untuk melanjutkan dan meningkatkan mutu.

MODEL MANAJEMEN IMPLEMENTASI SPMI STMIK EL RAHMA :

SPMI STMIK El Rahma dirancang, dilaksanakan dan ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan dengan berdasarkan pada model PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian Pelaksanaan dan Peningkatan). Dengan model manajemen ini maka STMIK El Rahma akan menetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai melalui strategi dan serangkaian aktivitas yang tepat. Kemudian, terhadap pencapaian tujuan melalui strategi dan aktivitas tersebut akan selalu dimonitor secara berkala, dievaluasi, dan dikembangkan kearah yang lebih baik secara berkelanjutan.

Gambar 2. Model Manajemen SPMI

SPMI dengan model manajemen PPEPP mengharuskan setiap unit yang berada dalam lingkungan STMIK El Rahma secara berkala harus melakukan proses evaluasi diri untuk menilai kinerja unitnya sendiri dengan menggunakan Standar dan Manual SPMI STMIK El Rahma yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi diri akan dilaporkan kepada Ketua STMIK El Rahma, Wakil Ketua, Ketua Program Studi, Kepala UPT dan seluruh staff pada unit yang bersangkutan. Terhadap hasil evaluasi dari Ketua STMIK dan Ketua Program Studi akan diputuskan langkah atau tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu.

Melaksanakan SPMI STMIK El Rahma dengan model manajemen PPEPP juga mengharuskan setiap unit yang ada di STMIK El Rahma bersikap terbuka, kooperatif dan siap untuk diaudit atau diperiksa oleh tim auditor internal yang telah mendapatkan pelatihan khusus tentang audit SPMI STMIK El Rahma. Audit yang dilakukan setiap akhir tahun akademik akan direkam dan dilaporkan kepada Ketua Program Studi dan Ketua STMIK El Rahma, untuk kemudian diambil tindakan tertentu berdasarkan hasil temuan dan rekomendasi dari tim auditor.

Semua proses kegiatan diatas dimaksudkan untuk menjamin bahwa setiap kegiatan penyelenggaraan pendidikan tinggi pada STMIK El Rahma terjamin mutunya, dan bahwa SPMI STMIK El Rahma juga selalu dievaluasi untuk menemukan kekuatan dan kelemahannya, sehingga dapat dilakukan perubahan ke arah perbaikan secara berkelanjutan.

Hasil pelaksanaan SPMI dengan basis model manajemen PPEPP adalah kesiapan semua program studi di STMIK El Rahma untuk mengikuti proses akreditasi atau penjaminan mutu eksternal baik oleh BAN-PT atau lembaga akreditasi lainnya yang kredibel.

PRINSIP DALAM MELAKSANAKAN SPMI STMIK EL RAHMA :

Untuk mencapai tujuan SPMI STMIK El Rahma tersebut diatas dan untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan STMIK El Rahma, maka civitas akademika dalam melaksanakan SPMI pada setiap aras yang ada di STMIK El Rahma selalu berpedoman pada prinsip :

Otonom :  SPMI dikembangkan dan diimplementasikan secara otonom dan mandiri oleh STMIK El Rahma.
Terstandar : SPMI menggunakan SN Dikti yang ditetapkan oleh Menteri dan Standar yang ditetapkan sendiri oleh STMIK El Rahma
Akurasi : SPMI menggunakan data dan informasi yang akurat pada PD Dikti
Berencana dan Berkelanjutan : SPMI diimplementasikan dengan menggunakan 5 (lima) langkah penjaminan mutu, yaitu penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan dan peningkatan standar Dikti yang membentuk suatu siklus.
Terdokumentasi : Seluruh langkah dalam siklus SPMI didokumentasikan secara sistematis.

STRATEGI SPMI STMIK EL RAHMA :

Strategi STMIK El Rahma di dalam melaksanakan SPMI adalah :

  1. melibatkan badan penyelenggara/Yayasan
  2. melibatkan secara aktif semua civitas akademika sejak tahap perencanaan hingga tahap evaluasi dan tahap pengembangan SPMI STMIK El Rahma;
  3. melibatkan organisasi profesi, alumni, dunia usaha dan pemerintahan sebagai pengguna lulusan, khususnya pada tahap penetapan standar SPMI STMIK El Rahma;
  4. melakukan pelatihan secara terstruktur dan terencana bagi para dosen dan staf administrasi tentang SPMI, dan secara khusus pelatihan sebagai auditor internal;
  5. melakukan sosialisasi tentang fungsi dan tujuan SPMI STMIK El Rahma kepada para pemangku kepentingan secara priodik.

DAFTAR STANDAR, MANUAL DAN SOP SPMI STMIK EL RAHMA

  1. Standar Kompetensi : STD/SPMI/01
  2. Standar Isi Pembelajaran : STD/SPMI/02
  3. Standar Proses Pembelajaran : STD/SPMI/03
  4. Standar Penilaian Pembelajaran : STD/SPMI/04
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan : STD/SPMI/05
  6. Standar Sarana Prasarana Pembelajaran : STD/SPMI/06
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran : STD/SPMI/07
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran : STD/SPMI/08
  9. Standar Hasil Penelitian : STD/SPMI/09
  10. Standar Isi Penelitian : STD/SPMI/10
  11. Standar Proses Penelitian : STD/SPMI/11
  12. Standar Penilaian Penelitian : STD/SPMI/12
  13. Standar Peneliti : STD/SPMI/13
  14. Standar Sarana Prasarana Penelitian : STD/SPMI/14
  15. Standar Pengelolaan Penelitian : STD/SPMI/15
  16. Standar Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian : STD/SPMI/16
  17. Standar Hasil PkM : STD/SPMI/17
  18. Standar Isi PkM : STD/SPMI/18
  19. Standar Proses PkM : STD/SPMI/19
  20. Standar Penilaian PkM : STD/SPMI/20
  21. Standar Pelaksana PkM : STD/SPMI/21
  22. Standar Sarana Prasarana PkM : STD/SPMI/22
  23. Standar Pengelolaan PkM : STD/SPMI/23
  24. Standar Pendanaan dan Pembiayaan PkM : STD/SPMI/24
  25. Standar Sistem Informasi : STD/SPMI/25
  26. Standar Kerjasama : STD/SPMI/26
  27. Standar Marketing : STD/SPMI/27
  28. Standar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) : STD/SPMI/28
  29. Standar Qur’ani : STD/SPMI/29
  30. Standar Kinerja Pegawai : STD/SPMI/30
  31. Standar Pengarsipan : STD/SPMI/31
  32. Standar Kebersihan : STD/SPMI/32
  33. Standar Keamanan : STD/SPMI/33
  34. Standar Kegiatan Kemahasiswaan : STD/SPMI/34
  35. Standar Perjalanan Dinas : STD/SPMI/35
  36. Standar Tracer Study : STD/SPMI/36
  37. Standar Humas dan Publikasi Media : STD/SPMI/37
  38. Standar Tata Pamong dan Pengelolaan : STD/SPMI/38
  39. Standar Studium General/Seminar Akademik : STD/SPMI/39
  40. Standar Penyusunan RENSTRA : STD/SPMI/40